Analisis Manajemen Laboratorium Kimia Di SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Singkil

Widari Darmayanti, 180208025 (2022) Analisis Manajemen Laboratorium Kimia Di SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Manajemen Laboratorium Kimia Di SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Singkil] Text (Analisis Manajemen Laboratorium Kimia Di SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Singkil)
Widari Darmayanti, 180208025, FTK, KPM, 082291585686.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Laboratorium merupakan tempat untuk melaksanakan kegiatan praktikum yang dapat mendukung pembelajaran di kelas. Untuk mendukung proses pembelajaran, maka diperlukan kelengkapan sarana dan prasarana serta manajemen. Manajemen adalah upaya untuk mengelola laboratorium. Salah satu kegiatan manajemen adalah inventarisasi. Inventarisasi merupakan pencatatan dan penyusunan daftar sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru bidang studi kimia di SMA Negeri 1 Singkohor, SMA Negeri 1 Simpang Kanan dan SMA Negeri 1 Gunung Meriah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan sarana dan prasarana disekolah sampel sudah sesuai dengan standar rasio Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018. Sedangkan kegiatan inventarisasi di sekolah sampel dilaksanakan pada saat barang baru datang dan pada saat pemesanan barang baru. Pencatatan dilakukan menggunakan buku inventaris berbasis komputer. Inventarisasi peralatan hanya mencantumkan kolom nama alat, satuan/ukuran, jumlah dan keterangan tanpa mencantumkan kolom tanggal pengadaan alat sedangkan dokumen inventarisasi bahan hanya dicantumkan nama zat, kode unsur kimia, spesifikasi bahan, volume dan sifat zat tanpa mencantumkan kolom kondisi bahan dan tanggal kadaluwarsa bahan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan inventarisasi SMA Negeri di Kabupaten Aceh Singkil belum terlaksana dengan baik karena masih terdapat opsi yang belum dicantumkan dalam buku inventarisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Widari Darmayanti Widari
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:05
Last Modified: 12 Sep 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23048

Actions (login required)

View Item
View Item