Penggunaan Media Dalam Pembelajaran PAI di SMP IT Fajar .Hidayah Aceh Besar

Akmal Syahputra, 170201143 (2021) Penggunaan Media Dalam Pembelajaran PAI di SMP IT Fajar .Hidayah Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Dalam Pembelajaran PAI] Text (Penggunaan Media Dalam Pembelajaran PAI)
Akmal Syahputra, 170201143, FTK, PAI, 082275436022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah beragamnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar yang diterapkan di dalam kelas, dan adanya kendala guru ketika menerapkannya di SMP IT Fajar Hidayah Aceh Besar. Sehingga, penelitian dalam skripsi ini dibuat dengan rumusan masalah (1) Bagaimana penggunaan media dalam pembelajaran PAI di SMP IT Fajar Hidayah Aceh Besar ?. (2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran PAI di SMP IT Fajar Hidayah Aceh Besar ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui penggunaan media dalam pembelajaran PAI di SMP IT Fajar Hidayah Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru PAI ketika menggunakan media dalam pembelajaran PAI di SMP IT Fajar Hidayah Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dan yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam, dan peserta didik di SMP IT Fajar Hidayah Aceh Besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan di SMP IT Fajar Hidayah Aceh Besar pada mata pelajaran pendidikan agama islam belum terealisasikan dan diterapkan dengan maksimal. Media yang digunakan kebanyakan masih bersifat umum, menggunakan media visual seperti buku paket, audio-visual seperti laptop dan infocus serta kinestetik seperti bermain game, hanya media internet yang sangat jarang digunakan. Hal ini sejalan dengan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PAI, seperti, ketersediaan media audio-visual seperti media elektronik yang tidak mecukupi, ruangan kelas yang tidak terlalu mendukung, minimnya kemampuan guru dalam penggunakan media pembelajaran, serta kurangnya dukungan dari sekolah sendiri dalam pengadaan media elektonik untuk menunjang proses belajar mengajar dan memudahkan guru pada saat mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akmal Syahputra Akmal
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:58
Last Modified: 12 Sep 2022 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23049

Actions (login required)

View Item
View Item