Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika dengan Menerapkan Pendekatan Problem Solving di Kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar

Siti Aqlima, 201223415 (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika dengan Menerapkan Pendekatan Problem Solving di Kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentanProblem Solving)
Siti Aqlima_201223415.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi siswa adalah masih kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan guru belum bervariasi menggunakan pendekatan pembelajaran, pendekatan pembelajaran yang sering digunakan adalah pendekatan konvensional dengan metode ceramah sehingga hasil belajar siswa belum tuntas yaitu masih dibawah KKM, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang efektif digunakan karena pendekatan pembelajaran yang digunakan guru sangat mencerminkan akan hasil belajar siswa. Pendekatan Problem Solving merupakan suatu cara menyajikan pelajaran dengan mendorong peserta didik untuk mencari atau memecahkan suatu masalah/persoalan dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas belajar mengajar dengan menggunakan Pendekatan Problem Solving. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan berupa soal pre test, post test ,quis dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 Desember 2016 sampai 07 Januari 2017. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan Pendekatan Problem Solving pada pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari observasi, dan tes dianalisis dengan menggunakan rumus persentase menunjukkan bahwa pendekatan Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I 60,84% dengan kriteria cukup, siklus II 72,30% dengan kriteria baik dan pada siklus III 86,5% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I 63,8% dengan kriteria cukup, siklus II 77,7% dengan kriteria baik dan siklus III 88,8% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I 57,5% (belum tercapai), siklus II 75% ( tercapai dengan baik) dan siklus III 87,5% (tercapai dengan sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas siswa dan guru pada materi luas dan keliling bangun datar gabungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi: 1. Drs. Ridhwan M.Daud, M.Ed. 2. Zikra Hayati S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, hasil belajar matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SA 201223415 Siti Aqlima
Date Deposited: 23 Jan 2018 09:31
Last Modified: 23 Jan 2018 09:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item View Item
TOP