Implementasi Program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Aceh Terhadap Kesehatan Reproduksi Remaja Kota Banda Aceh

Adinda Rihatul Athar, 180404014 (2022) Implementasi Program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Aceh Terhadap Kesehatan Reproduksi Remaja Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Implementasi Program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Aceh Terhadap Kesehatan Reproduksi Remaja Kota Banda Aceh] Text (Implementasi Program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Aceh Terhadap Kesehatan Reproduksi Remaja Kota Banda Aceh)
Adinda Rihatul Athar, 180404014, FDK, PMI, 0895611084262.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pembangunan program kesehatan reproduksi dilihat dari permasalahan remaja yang selalu menjadi perbincangan dan topik hangat dalam ruang lingkup masyarakat, baik itu bersifat negatif maupun positif. Sifat dan perilaku remaja tersebut memerlukan implementasi program terhadap pelayanan kesehatan yang dapat memenuhi kesehatan remaja, salah satunya pelayanan untuk kesehatan reproduksi. Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) merupakan salah satu lembaga yang bergerak aktif dalam mempelopori isu mengenai program kesehatan reproduksi remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Dalam pengambilan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang pada teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan program kesehatan reproduksi remaja ini ditujukan untuk mengimplementasikan progrom kesehatan reproduksi dengan memberikan edukasi mengenai pernikahan dini pada remaja, edukasi mengenai penyakit menular seksual HIV/AIDS dan edukasi terhadap kekerasan dan pelecehan seksual yang sering dialami pada usia remaja. Pada implementasi program kesehatan reproduksi lembaga PKBI melakukan beberapa cara seperti melakukan edukasi, sosialisasi dan kampanye melalui media sosial, juga melakukan pendampingan melalui pelayanan konselor remaja. Hal ini bertujuan agar remaja mampu mengatasi penyimpangan seksual yang sering dialami di usia remaja baik pada aspek kesehatan fisik, mental dan sosial remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Adinda Rihatul Athar
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:01
Last Modified: 12 Sep 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23051

Actions (login required)

View Item
View Item