Pengembangan Media Monopoli Pada Materi Struktur Sel Di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya

Nuri Mayana, 170207137 (2022) Pengembangan Media Monopoli Pada Materi Struktur Sel Di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Monopoli Pada Materi Struktur Sel Di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya] Text (Pengembangan Media Monopoli Pada Materi Struktur Sel Di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya)
Nuri Mayana, 170207137, FTK, PBL, 081260253264.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Media pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru biologi di SMA Negeri 1
Panga Aceh Jaya berupa buku paket yang disediakan oleh sekolah, namun buku tersebut masih terbatas. Kurangnya media pembelajaran di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya menjadi kendala yang dihadapi oleh siswa, karena kendala tersebut minat belajar siswa menjadi kurang dan siswa menjadi kurang menguasai materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli, menguji kelayakan media dan respon siswa terhadap media pembelajaran monopoli pada materi struktur sel di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementasi), serta evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini terdiri adalah 2 ahli media, 2 ahli materi dan 16 orang siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya. Objek dalam penelitian ini yaitu kelayakan media, kelayakan materi dan respon siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Analisis data hasil uji kelayakan dan respon siswa menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli pada materi struktur sel memperoleh uji kelayakan media dan hasil uji kelayakan materi sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadap media pembelajaran monopoli pada materi struktur sel memperoleh hasil sebesar 87% dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan respon siswa maka media pembelajaran monopoli pada materi struktur sel di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Monopoli, Struktur
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nuri Mayana Nuri
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:08
Last Modified: 12 Sep 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23052

Actions (login required)

View Item
View Item