Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think-Pair-Share dan Media Tiga Dimensi (3D) pada Materi Struktur dan Fungsi Sel di MAN 2 Aceh Barat

Cut Dian Nova Arista, 281324824 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think-Pair-Share dan Media Tiga Dimensi (3D) pada Materi Struktur dan Fungsi Sel di MAN 2 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Metode Pembelajaran)
CUT DIAN NOVA ARISTA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa adalah penerapan model dan media pembelajaran yang sesuai pada materi yang akan diajarkan, sehingga hasil belajar yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Think-Pair-Share dan media Tiga Dimensi (3D) pada materi struktur dan fungsi sel di MAN 2 Aceh Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Aceh Barat, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA-2 yang berjumlah 20 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Think-Pair-Share (TPS) dan media Tiga Dimensi (3D) secara keseluruhan tergolong ke dalam kategori sangat aktif dengan nilai persentase yaitu 82,2%. Persentase aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama yaitu 76% dengan kategori sangat aktif dan pada pertemuan kedua mengalami peningkatan yaitu 88,5% dengan kategori juga sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre-test yaitu 32,25 dan nilai rata-rata post-test yaitu 73,5. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (thitung = 15 ≥ ttabel = 1,73). Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Think-Pair-Share (TPS) dan media Tiga Dimensi (3D) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sel di MAN 2 Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Anton Widyanto, M.Ag., Ed.S; 2. Nurasiah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think-Pair-Share (TPS), Media Tiga Dimensi (3D), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Sel
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Dian Nova Arista
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:38
Last Modified: 24 Jan 2018 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2306

Actions (login required)

View Item
View Item