Peran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gayo Lues Dalam Mendampingi Klien Rawat Jalan Pecandu Narkoba

Reda Wati, 180405007 (2022) Peran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gayo Lues Dalam Mendampingi Klien Rawat Jalan Pecandu Narkoba. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gayo Lues Dalam Mendampingi Klien Rawat Jalan Pecandu Narkoba] Text (Peran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gayo Lues Dalam Mendampingi Klien Rawat Jalan Pecandu Narkoba)
Reda Wati, 180405007, FDK, KESOS, 081360868808.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penyalahgunaan narkoba menjadi permasalahan yang ada dilingkungan masyarakat khususnya masyarakat Gayo Lues, karena selain berdampak buruk bagi individu yang menggunakan penyalahgunaan narkoba dapat berdampak buruk bagi lingkungan masyarakat. Salah satu lembaga yang menangani dan memberikan pelayanan berupa Rawat Jalan bagi mereka yang menggunakan narkoba adalah Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gayo Lues dalam mendampingi klien rawat jalan pecandu narkoba, bagaimana proses pelaksanaan pelayanan rawat jalan pecandu narkoba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gayo Lues dalam mendampingi klien rawat jalan pecandu narkoba dan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pelayanan rawat jalan pecandu narkoba. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues berperan sebagai fasilitator untuk klien rawat jalan pecandu narkoba. BNNK Gayo Lues menyediakan tempat khusus untuk pelaksanaan Rawat Jalan yaitu Klinik Pratama yang berada dilingkungan kantor utama BNNK Gayo Lues. Selain itu BNNK Gayo Lues menyediakan penanggung jawab Klinik Pratama yang akan melaksanakan program Rawat Jalan yaitu Konselor Adiksi, Asisten Konselor, Psikolog, Perawat serta Dokter. Dan memberikan pelayanan Rawat Jalan dengan gratis untuk mereka yang melapor secara sukarela dan mereka yang dilaporkan oleh keluarganya. Rawat Jalan dilakukan satu kali dalam satu minggu dengan delapan kali pertemuan selama dua bulan. Adapun proses pelaksanaan Rawat Jalan mulai dari registrasi dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan, cek urin, assesmen, penyusunan rencana rawat jalan, konseling individu, konseling kelompok, konseling keluarga dan pasca rehabilitasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Reda Wati
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:08
Last Modified: 14 Sep 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23075

Actions (login required)

View Item
View Item