Re-Desain Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry

Maulana Juniansyah, 170701044 (2021) Re-Desain Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Re-Desain Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry] Text (Re-Desain Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry)
Maulana Juniansyah Putra, 170701044, FST, ARS, 082260980098.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28MB)

Abstract

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry memiliki 5 Program Studi yang sedang berjalan dalam satu gedung yang berukuran 24,5 m x 61 m berjumlah 3 lantai yang memiliki ruang kelas yang tipikal sebanyak 26 ruang untuk mencakup semua mahasiswa Program Studi yang sedang berjalan. Dari data yang diperoleh, Fakultas Sains dan Teknologi memiliki keterbatasan dengan kapasitas ruang, baik itu ruang kelas, ruang kantor maupun perpustakaan serta ruang pimpinan. Selain itu akibat dari masalah kapasitas ruang tersebut menimbulkan masalah kenyamanan yaitu kenyaman termal yang mana kenyamanan termal juga sudah menjadi masalah bagi bangunan Fakultas Sains dan Teknologi berupa orientasi bangunan, material bangunan, dan bukaan pada bangunan. Dengan adanya redesain Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry ini diharapkan terciptanya fakultas yang dapat memberikan kenyamanan baik dari fungsi ruang maupun termal, seperti pembangunan fakultas yang berupa bangunan bermassa banyak dan bertingkat dengan menggunakan pendekatan Arsitektur Tropis dengan focus pada kenyamanan termal. Metode yang digunakan dalam meredesain adalah melakukan survey lapangan, menganalisa, studi literature, dan studi banding dengan hasil yang didapatkan yaitu kenyaman bagi pengguna fakultas itu sendiri. Konsep yang diterapkan ialah Climate Adaptation of Tropical Building yang berangkat dari ekstraksi local wisdom (kearifan lokal) Rumoh Aceh terhadap iklim.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings (Konstruksi Bangunan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Maulana Juniansyah Putra
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:46
Last Modified: 13 Sep 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23076

Actions (login required)

View Item
View Item