Peran Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Dalam Pengelolaan Sektor Pertanian Pala

Hendri Irawan, 150801039 (2022) Peran Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Dalam Pengelolaan Sektor Pertanian Pala. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Peran Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Dalam Pengelolaan Sektor Pertanian Pala] Text (Peran Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Dalam Pengelolaan Sektor Pertanian Pala)
Hendri Irawan, 150801039, FISIP, IP, 085211479159.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tanaman Pala di Aceh Selatan merupakan primadona yang sudah cukup dikenal hingga ke mancanegara. Perkembangan tanaman pala di Aceh perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah mengingat pala di Aceh selatan akan dikembangkan sebagai salah satu komoditas unggulan. Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dan Pemerintah Aceh harus berani mengambil sikap untuk menahan minyak pala agar tetap dijual ke perusahaan di Aceh. Jika itu dilakukan, maka pengusaha luar Aceh bakal kalang kabut, tidak berani lagi mempermainkan harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah daerah dalam pengelolaan sektor pertanian pala di Kab. Aceh Selatan dan untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah daerah dalam memfasilitasi pemasaran pala di Kab. Aceh Selatan. Dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, data penelitian ini diperoleh melalui pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa Peran Pemerintah daerah dalam pengeloaan sektor pertanian pala di Kab. Aceh Selatan memberikan gambaran tentang penyuluhan bahwa metode penyuluhan yang dilakukan kepada masyarakat adalah sistem laku (Latihan dan Kunjungan) dan yang menjadi kendala dalam penyuluhan adalah adanya keterbatasan jumlah petugas penyuluh yang turun kelapangan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat. Pemerintah perlu membuatkan regulasi di sektor pertanian pala agar pelaksanaan program kerja dalam pertanian dapat terorganisir dengan baik serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Hendri Irawan
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:09
Last Modified: 13 Sep 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23080

Actions (login required)

View Item
View Item