Penerapan Model Pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMP Islam Al-Mujaddid Kota Sabang

Nurul Fajriana, 170207049 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMP Islam Al-Mujaddid Kota Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMP Islam Al-Mujaddid Kota Sabang] Text (Penerapan Model Pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMP Islam Al-Mujaddid Kota Sabang)
Nurul Fajriana, 170207049, FTK, PBL, 082211576293.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kurang bervariasinya penggunaan model pelajaran di kelas VIII di SMPI Al-Mujaddid kota Sabang merupakan salah satu faktor rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada sistem ekskresi. Salah satu solusi untuk meningkatkat motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Group To Group Exchange (GGE). Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental design dengan desain One- group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Mujaddid kota Sabang, yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 22 siswa sedangkan jumlah sampel 22 siswa kelas VIII-a, pemilihan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi untuk melihat motivasi belajar dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan tes berupa pretest dan posttest. Analisis data motivasi belajar siswa dilakukan dengan rumus persentase dan analisis hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan rumus N-gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar pada pertemuan pertama dengan persentase 84% dan pertemuan kedua dengan nilai persentase 94% dengan kategori sangat termotivasi. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung =16,89 dan ttabel=1,72 dengan derajat bebas (db) 21 pada taraf signifikan 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (thitung =16,89 > ttabel =1,72) dan nilai N-gain ialah 0,61 kategori sedang sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) pada materi sistem ekskresi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMPI Al-Mujaddid kota Sabang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Fajriana
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:53
Last Modified: 13 Sep 2022 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23083

Actions (login required)

View Item
View Item