Dampak Anime Bergenre Aksi Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry

Miftahul Jannah, 170401010 (2022) Dampak Anime Bergenre Aksi Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak Anime Bergenre Aksi Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry] Text (Dampak Anime Bergenre Aksi Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry)
Miftahul Jannah, 170401010, FDK, KPI, 081325120246.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman, tayangan anime sudah sangat populer dikalangan anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa di Indonesia. Kepopuleran anime juga dirasakan oleh Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Tidak sedikit mahasiswa UIN Ar-Raniry yang suka menonton anime bergenre aksi, oleh karena ini peneliti ingin meneliti pesan apa saja yang dikomunikasikan anime bergenre aksi pada mahasiswa UIN Ar-Raniry juga dampak dari menonton anime bergenre aksi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori media massa yaitu Uses and Gratification Theory dan teori budaya (Cultivation Theory). Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. Selain itu, dalam penentuan sampel peneliti menggunakan metode purposive sampling dimana peneliti hanya mewawancarai responden yang memenuhi kriteria yaitu mahasiswa UIN Ar-Raniry yang memiliki ketertarikan menonton tayangan anime bergenre aksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 22 pesan dalam anime bergenre aksi, yaitu pesan tentang tanggung jawab, kebijaksanaan, pengorbanan, kerjasama, berani bermimpi, bersyukur, pantang menyerah, saling menghargai, kesetiakawanan, sains, teknologi, makanan Jepang, budaya dan gaya hidup, desain visual, genosida, pembulian, perbudakan, perbedaan kasta, korupsi, pernikahan politik, dan pengkhianatan. Dimana pesan-pesan tersebut dapat memberi dampak negatif dan dampak positif kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry, seperti dapat menghibur, membangkitkan semangat, mengajarkan tentang moral, menambah pengetahuan dan wawasan, mengetahui budaya dan bahasa Jepang, berani menghadapi masalah, tidak mudah percaya pada orang baru, memperbaiki gaya hidup dan merubah sudut pandang, namun juga berdampak sebaliknya seperti kecanduan, berhalusinasi, melupakan budaya negara sendiri, dan meniru aksi yang berbahaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Depositing User: Miftahul Jannah Miftahul
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:09
Last Modified: 14 Sep 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23093

Actions (login required)

View Item
View Item