Pesan Komunikasi Politik dalm Film Suara April (Analisis Semiotika Model Ferdinand de Saussure)

Nadia Ulfa, 150401023 (2020) Pesan Komunikasi Politik dalm Film Suara April (Analisis Semiotika Model Ferdinand de Saussure). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pesan Komunikasi Politik dalm Film Suara April (Analisis Semiotika Model Ferdinand de Saussure)] Text (Pesan Komunikasi Politik dalm Film Suara April (Analisis Semiotika Model Ferdinand de Saussure))
Nadia Ulfa, 150403023, FDK, KPI, 082366797391.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pesan Komunikasi Politik dalm Film Suara April (Analisis Semiotika Model Ferdinand de Saussure)”, bertujuan untuk mengetahui signifier (penanda) dan signified (petanda) pesan komunikasi politik dalam film Suara April berdasarkan analisis semiotika model Ferdinand de Saussure. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film Suara April terdapat tanda-tanda pesan komunikasi politik secara linguistik baik dalam bentuk verbal dan nonverbal, terutama pada jenis pesan yang mengandung retorika dan iklan politik. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam film ini mengandung pesan komunikasi politik berdasarkan metode penelitian yang penulis gunakan. Terdapat pesan politik verbal maupun nonverbal dalam bentuk retorika dan iklan politik. Dari setiap tanda linguistik seperti teks, warna dan simbol yang memiliki makna yang menggambarkan tujuan politik calon legislatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nadia Ulfa Nadia
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:09
Last Modified: 14 Sep 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23108

Actions (login required)

View Item
View Item