Eksistensi Kesenian Gayo Diluar Ranah Adatnya (Studi Eksplorasi Di Banda Aceh)

Rahmad Syawali, 511102488 (2022) Eksistensi Kesenian Gayo Diluar Ranah Adatnya (Studi Eksplorasi Di Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kesenian Gayo Yang Ada Di Banda Aceh] Text (Membahas Tentang Kesenian Gayo Yang Ada Di Banda Aceh)
Rahmad Syawali, 511102488, FAH, SKI 082294999951.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (660kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Eksistensi Kesenian Gayo di Luar Ranah Adatnya (Studi Eksplorasi di Banda Aceh)”. Kesenian Gayo merupakan salah satu kesenian rakyat Aceh yang berasal dari Tanoh Gayo, Aceh Tengah. Kesenian Gayo telah berfungsi sebagai hiburan rakyat juga sebagai media dakwah bagi penyiaran dan pengembangan agama Islam di daerah Banda Aceh. Seni ini sering ditampilkan pada acara perkawinan, sunat rasul, festival dan acara-acara lainnya. Jenis kesenian yang difokuskan adalah seni pementasan, seperti tarian-tarian Gayo (Saman, Bines, Guel dan lain-lain), musik dan sya’ir-sya’ir. Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang keberadaan dan pelestarian seni Gayo di luar ranah adatnya, yaitu di Banda Aceh serta melihat bagaimana pandangan masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatankualitatif, lalu data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kesenian Gayo di Banda Aceh telah mengalami kemajuan setelah beberapa kali ditampilkan secara rutin dan terorganisir. Kesenian Gayo ini populer dan digemari di Banda Aceh karena saat pementasannya, selain unik dan indah disaksikan, selain itu bukan hanya satu bentuk kesenian seperti tarian saja yang ditampilkan, akan tetapi ada berbagai macam bentuk atraksi seni, seperti Didong, dan Bersebuku. Atraksi menakjubkan
itulah yang menarik perhatian masyarakat untuk menggelar dan menyaksikan pertunjukan seni Gayo yang diadakan pada berbagai pentas seni di Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 900 Geography and History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Rahmad Syawali
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:42
Last Modified: 14 Sep 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23118

Actions (login required)

View Item
View Item