Usma Riza Safrida, 180206002 (2022) Pengelolaan Kurikulum Terpadu Di Pesantren modern Tengku Chiek Oemar Diyan Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Usma Riza Safrida, 180206002, FTK, MPI, 082161031267.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Pengelolaan kurikulum terpadu sangat berpengaruh dalam keberlangsungan pendidikan di pesantren. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perencanaan kurikulum terpadu di pesantren modern Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh Besar, (2) untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum terpadu di pesantren modern Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh Besar, (3) untuk mengetahui evaluasi kurikulum terpadu di pesantren modern Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan pesantren dan wakil pimpinan pesantren bidang kurikulum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengelolaan kurikulum terpadu juga perlu adanya manajemen yang tepat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Perencanaan dilakukan secara bermusyawarah dengan membuat kalender akademik, menyusun program tahunan, program semester, dan silabus. Pelaksanaan yang dilakukan dengan mengintegrasikan tiga kurikulum yaitu kurikulum kemenag, kurikulum dayah, dan kurikulum pesantren gontor di satu lembaga dengan membuat jadwal masing – masing kegiatan dan mengimplementasikan dalam keseharian. Evaluasi kurikulum terpadu yang dilakukan di pesantren modern Tgk. Chiek Oemar Diyan sesuai dengan tujuan evaluasi yaitu untuk perbaikan program dan pertanggungjawaban kepada berbagai pihak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Usma Riza Safrida |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 02:44 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 02:44 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23127 |