Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Kelas III MIS Simpang Kanan Aceh Singkil

Sumida, 170209037 (2022) Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Kelas III MIS Simpang Kanan Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan  Siswa di Kelas III MIS Simpang Kanan Aceh  Singkil] Text (Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Kelas III MIS Simpang Kanan Aceh Singkil)
Sumida, 170209037, FTK, PGMI, 082275474228.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu sarana bagi peserta didik untuk mempelajari suatu hal yang belum diketahui dan dapat memperluas pengetahuan. Bagaimana aktivitas guru dalam menggunakan media kartu huruf, bagaimana aktivitas siswa dalam menggunakan media kartu huruf dan bagaimana peningkatan kemamuan membaca permulaan siswa dengan menggunakan media kartu huruf. Untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan, perlu adanya penggunaan media kartu huruf di sekolah. Oleh karena itu tujuan penggunaan media media kartu huruf ini adalah: 1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam proses pembelajaran di kelas; 2) untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas; dan 3) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik. Untuk melihat kemampuan membaca permulaan peserta didik maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah anak kelas III MIS Simpang Kanan Aceh Singkil. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan tes lisan. Analisis datanya menggunakan rumus persentase. Dalam penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas III MIS Simpang Kanan Aceh Singkil maka diperoleh hasil aktivitas guru pada siklus I 75%dan siklus II 89%, aktivitas peserta didik pada siklus I 66% dan siklus II 87%, dan hasil kemampuan membaca permulaan peserta didik pada siklus I 35% dengan rata-rata 50% sedangkan pada siklus II 82% dengan rata-rata 76%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwasanya dengan penggunaan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas III MIS Simpang Kanan Aceh Singkil terdapat penigkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sumida Sumida
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:11
Last Modified: 15 Sep 2022 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23145

Actions (login required)

View Item
View Item