Strategi Penggunaan Media Pembelajaran dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 12 Banda Aceh

M. Reza Syahputra, 170206091 (2021) Strategi Penggunaan Media Pembelajaran dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 12 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Penggunaan Media Pembelajaran dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 12 Banda Aceh] Text (Strategi Penggunaan Media Pembelajaran dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 12 Banda Aceh)
M. Reza Syahputra, 170206091, FTK, MPI, 082277807558.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Strategi merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan yang nyata. Sedangkan media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian minat peserta didik untuk belajar. Faktanya masih ada guru yang kurang berkemauan dalam penggunaan media pembelajaran (infokus), sarana dan prasarana yang masih kurang maksimal dalam penggunaan media pembelajaran. Sementara prestasi belajar merupakan hal utama yang diharapkan dalam suatu lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi penggunaan media pembelajaran (infokus) peserta didik di SMAN 12 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah 1 orang wali kelas, lima orang guru pembelajaran, dan lima orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penggunaan media pembelajaran (infokus) di SMAN 12 Banda Aceh sudah dilakukan yaitu: Guru mempersiapkan materi terlebih dahulu, membuat PPT dan mencari bahan ajar yang sesuai dan menarik untuk diajarkan kepada peserta didik seperti mencari gambar-gambar dan vidio pembelajaran yang cocok untuk ditampilkan di dalam kelas dengan menggunakan media infokus. agar siswanya lebih aktif dan fokus dalalm memahami materi yang diajarkan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M. Reza Syahputra Reza
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:11
Last Modified: 15 Sep 2022 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23153

Actions (login required)

View Item
View Item