Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Lingkungan Sekolah Pada Materi Kingdom Plantae Di SMAN 3 Takengon

Dian Siti Solehah, 170207016 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Lingkungan Sekolah Pada Materi Kingdom Plantae Di SMAN 3 Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Lingkungan Sekolah Pada Materi Kingdom Plantae Di SMAN 3 Takengon] Text (Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Lingkungan Sekolah Pada Materi Kingdom Plantae Di SMAN 3 Takengon)
Dianti, Siti Solehah, 170207016, FTK, PBL, 082164103372.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi tentang sub materi Spermatophyta disekolah menyebabkan rendahnya pengetahuan siswa dalam memahami dan mengelompokkan berbagai jenis-jenis tumbuhan disekitar mereka, sehingga perlunya pengembangan suatu media sebagai alternatif yang dapat mengatasi permasalah tersebut yaitu dengan adanya media dalam bentuk E-Book dengan data langsung jenis-jenis tumbuhan di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran E-Book berbasis lingkungan sekolah pada materi Kingdom Plantae dan menguji kelayakannya serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap media E-Book. Rangcangan penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan mengadaptasi model Alessi dan Trollip yang terdiri atas 3 tahapan Planning, Design dan Development. Subjek dalam penelitian yaitu 4 validator terdiri dari 2 validator ahli media dan 2 validator ahli materi serta guru bidang studi Biologi dan siswa kelas XI IPA SMAN 3 Takengon. Sedangkan objek dalam penelitian ini ialah data langsung jenis-jenis tumbuhan Spermatophyta di lingkungan sekolah SMAN 3 Takengon. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Book berbasis lingkungan sekolah pada materi Kingdom Plantae memperoleh nilai kelayakan media sebesar 86% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan kelayakan materi memperoleh nilai sebanyak 84% dengan kriteria “sangat layak” direkomendasikan sebagai salah satu media tambahan sebagai sumber belajar disekolah. Respon guru terhadap media pembelajaran E-Book berbasis lingkungan sekolah pada materi Kingdom Plantae mendapatkan persentase nilai yaitu 98% dengan kriteria “sangat positif” sedangkan untuk respon siswa mendapatkan persentase respon sebesar 97% dengan kategori “sangat positif”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dian Siti Solehah
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:55
Last Modified: 15 Sep 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23165

Actions (login required)

View Item
View Item