Pengembangan Game Edukasi I’tikad 50 Berbasis Power Point Di Dayah Al-Furqan Aceh Besar

Intan Mauliana, 170212052 (2021) Pengembangan Game Edukasi I’tikad 50 Berbasis Power Point Di Dayah Al-Furqan Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Game Edukasi I’tikad 50 Berbasis  Power Point Di Dayah Al-Furqan Aceh Besar] Text (Pengembangan Game Edukasi I’tikad 50 Berbasis Power Point Di Dayah Al-Furqan Aceh Besar)
Intan Mauliana, 170212052, FTK, PTI, 081375386696.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kajian ini untuk menjawab permasalahan pengembangan game edukasi i’tikad
50 berbasis power point di Dayah Al-furqan Aceh Besar disebabkan Anak tidak begitu tertarik dengan sistem pembelajaran yang bersifat ceramah atau konvensional, karena bagi anak sistem tersebut merupakan sistem pembelajaran yang sangat jenuh dan membosankan dan sulit dipahami, walaupun pembelajaran tersebut telah diulang-ulang bertahun-tahun tetapi masih juga anak-anak susah mengingatnya. Maka oleh karena itu, dibuatlah permainan yang edukatif dan menarik dalam pembelajaran I’tiqad 50 dapat menambah minat belajar I’tiqad 50. Penelitian ini menggangkat tujuan supaya menghasilkan game edukatif I’tiqad berbentuk power point dan mengetahui peningkatan hasil belajar murid dari implementasi hasil pada pembelajaran I’tiqad 50 sesudah menggunakan media game edukasi. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian merupakan R&D (Research and Development) atau penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan merupakan upaya dalam menguraikan sistem edukasi yang efektif agar dapat dipergunakan oleh lembaga pendidikan, bukan dipergunakan sebagai pengujian teori. Hasil uji validasi oleh validator sebanyak 16 responden dengan aspek penilaian materi memperoleh nilai sebanyak 77,2%, dan aspek penilaian media memperoleh nilai sebanyak 78,2%. Hasil dari implementasi media pembelajaran game edukasi I’tikad 50 yang diterapkan pada kelas kontrol (KK) di Dayah Al-furan memperoleh nilai rata-rata yaitu 89,3 dan hasil pembelajaran tradisional (konvensional) diterapkan pada kelas biasa (KB) di Dayah Al-furqan memperoleh nilai rata-rata yaitu 74,6.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Multimedia Interaktif, I’tikad 50 berbasis Power Point
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Intan Mauliana Intan
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:06
Last Modified: 16 Sep 2022 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23169

Actions (login required)

View Item
View Item