Kompetensi Tenaga Administrasi Dalam Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMKN 5 Telkom Banda Aceh

Risma Bella, 180206027 (2022) Kompetensi Tenaga Administrasi Dalam Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kompetensi Tenaga Administrasi Dalam Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMKN 5 Telkom Banda Aceh] Text (Kompetensi Tenaga Administrasi Dalam Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMKN 5 Telkom Banda Aceh)
Risma Bella, 180206027, MPI, 082215106689.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi adalah kemampuan seseorang untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas yang dilandasi atas pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki tenaga administrasi sekolah yaitu kompetensi teknis dalam menerapkan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk mendukung tugas pokok tenaga administrasi sekolah maka dibutuhkan kemampuan tentang teknologi informasi yang perkembangannya harus terus ditingkatkan seiring semakin pesatnya kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tugas tenaga administrasi dalam pelaksanaan administrasi kepegawaian di SMKN
5 Telkom Banda Aceh, untuk mengetahui profesionalitas tenaga administrasi dalam penguasaan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi di SMKN 5
Telkom Banda Aceh, dan untuk mengetahui hambatan-hambatan kompetensi tenaga administrasi dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi di SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala tata usaha, dan staf tata usaha di SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tugas tenaga administrasi dalam pelaksanaan administrasi kepegawaian yaitu mengisi buku induk siswa, mengisi buku klaper siswa, menyiapkan bahan kenaikan pangkat/gaji guru dan pegawai, melaksanakan semua kebijakan yang telah ditetapkan oleh Kepala SMK dan Kepala Tata Usaha SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. 2) Profesionalitas tenaga administrasi dalam penguasaan teknologi belum semua tenaga administrasi bekerja secara profesional ada beberapa hal yang tidak sesuai misalnya dalam hal kompetensi teknis masih kurang dalam kemampuan IT dan kurang update dengan perkembangan teknologi.
3) Hambatannya: pertama, motivasi dan minat dari masing-masing pribadi tenaga administrasi sekolah yang kurang dalam meningkatkan kemampuan IT, dan banyak pembaharuan yang karyawan kurang update perkembangan teknologi serta ada tenaga administrasi yang bekerja tidak sesuai dengan bidangnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Tenaga Administrasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Risma Bella Risma
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:07
Last Modified: 16 Sep 2022 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23171

Actions (login required)

View Item
View Item