Strategi Guru SMP Negeri 8 Banda Aceh Dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah

Rizka Nurul Huda, 180201096 (2022) Strategi Guru SMP Negeri 8 Banda Aceh Dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Guru SMP Negeri 8 Banda Aceh Dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah] Text (Strategi Guru SMP Negeri 8 Banda Aceh Dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah)
Rizka Nurul Huda, 180201096, FTK, PAI, 08223075158.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Guru adalah orang yang berperan dalam pendidikan sekaligus orang yang menentukan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran. Pendidikan tidak hanya proses menstransfer ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh guru namun juga membentuk kepribadian yang berakhlak mulia oleh karenanya perlu dikelola dengan baik. Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru SMP Negeri 8 Banda Aceh dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah dengan tokoh kerja pada: 1). Bagaimana perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam pembinaan akhlaqul karimah pada siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh?. 2). Bagaimana strategi (pendekatan, metode, dan cara) yang dilakukan oleh guru pada siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh?. 3). Bagaimana hasil pembinaan akhlaqul karimah yang dilakukan oleh guru pada siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang mengungkap sajian fakta langsung terjun kelapangan. Hasil penelitian yang diperoleh dilapangan bahwa: 1. Siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh masih memiliki akhlak yang kurang baik, di antaranya ada siswa yang merokok di lingkungan sekolah, dan lain-lain. 2. Siswa SMP Negeri 8 masih kurang mampu mengontrol sikap yang sopan kepada guru, teman bahkan orang tua, 3. untuk menghasilkan perobahan akhlaqul karimah siswa tidak hanya membutuhkan materi (ceramah) dari guru tetapi pendidik juga harus memperaktikkan dalam kehidupan sehari-hari Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembinaan akhlak yang dilakukan Guru SMP Negeri 8 Banda Aceh sudah maksimal, namun akhlak siswa SMP Negeri 8 masih belum dapat dikatakan sempurna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizka Nurul Huda
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:46
Last Modified: 16 Sep 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23181

Actions (login required)

View Item
View Item