Struktur Kepribadian Manusia Dalam Teori Psikoanalisis Ditinjau Dari Al-Quran Dalam Tafsir Al-Misbah

Rifatul Muna, 421307211 (2020) Struktur Kepribadian Manusia Dalam Teori Psikoanalisis Ditinjau Dari Al-Quran Dalam Tafsir Al-Misbah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Struktur Kepribadian Manusia Dalam Teori Psikoanalisis Ditinjau Dari Al-Quran Dalam Tafsir Al-Misbah] Text (Struktur Kepribadian Manusia Dalam Teori Psikoanalisis Ditinjau Dari Al-Quran Dalam Tafsir Al-Misbah)
Rifatul Muna, 421307211, FDK, BKI, 082365260592.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Struktur Kepribadian Manusia Dalam Teori Psikoanalisis Ditinjau Dari Al-Quran Dalam Tafsir Al-Misbah”. Kepribadian manusia tidak akan sehat jika tiga sistem kepribadian menurut frued tidak berjalan dengan baik, dan dalam hal ini selama keputusannya tidak mengganggu orang lain disekitarnya, maka tidak bermasalah karena dalam pandangan psikoanalisis apabila manusia melakukan kehendaknya dan tidak menggaggu orang lain maka ini tidak dikatakan dengan manusia yang mempunyai penyakit atau tidak sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisisi struktur kepribadian menurut teori psikoanalisis serta dari Al-Quran dalam tafsir Al-Misbah. Teknik pengumpulan data bagi penelitian ini adalah studi perpustakaan yaitu dengan menelaah bahan-bahan dari teori-teori yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas berdasarkan buku-buku yang berhubungan serta dapat mendukung atau menyokong penelitian penulis. Sumber data primer skripsi ini adalah ayat-ayat Al-quran yang dipilih beberapa ayat-ayat Al-quran tentang kepribadian dan sumber data yang diperoleh melalui dokumen, buku-buku yang sebagian besar ditemukan di perpustakaan. Teknik menganalisis data dalam skripsi ini lebih kepada pendekatan yang dilakukan tidak melalui angka tepati kondisi objektif. Setelah dilakukan penelitian maka dapat disimpulkan tentang struktur kepribadian yang diungkapkan oleh Freud adalah id yang mempunyai kesamaan dengan hawa nafsu, ego dengan akal, dan super ego dengan qalbu. Tentang dinamika kepribadian yang diungkapkan oleh Freud, yaitu merupakan integrasi antara ketiga sturktur kepribadian id, ego, dan super ego. Demikian pula dalam psikologi islam yaitu integrasi antara qalbu, akal, dan nafsu yang sudah diperjelas dalam Al-Qur’an adanya tingkatan-tingkatan kepribadian manusia apabila salah satu dari ketiga struktur kepribadian tersebut lebih mendominasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.23 Materi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rifatul MUna Rifa
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:52
Last Modified: 16 Sep 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23186

Actions (login required)

View Item
View Item