Peredaran Dan Penyalahgunaan Narkotika Di Gampong Dayah Andeue Kecamatan Mila Kabupaten Pidie dalam Perspektif Hukum Islam

Ela Rosanti, 170104109 (2022) Peredaran Dan Penyalahgunaan Narkotika Di Gampong Dayah Andeue Kecamatan Mila Kabupaten Pidie dalam Perspektif Hukum Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penyalahgunaan Narkotika] Text (Penyalahgunaan Narkotika)
Ela Rosanti, 170104109, FSH, HPI, 085270298601.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Peredaran dan penyalahgunaan narkotika menjadi fenomena dalam masyarakat pada zaman sekarang, dari masyarakat kecil sampai aparat penegak hukum termasuk di dalamnya, begitu juga yang terjadi di masyarakat Gampong Dayah Andeue Kecamatan Mila Kabupaten Pidie, menurut data dari Polsek Mila dari tahun 2019 sampai 2020 kasus penyalahgunaan narkotika meningkat drastis. Yang menjadi pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Gampong Dayah Andeue Kecamatan Mila Kabupaten Pidie? Bagaimana upaya aparat Gampong mengatasi peredaran dan penyalahgunaan narkotika? Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap upaya aparat gampong mengatasi peredaran narkotika dan penyalahgunaan narkotika? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan penulis dengan field research (penelitian lapangan) yaitu mengumpulkan data-data dari lapangan dengan wawancara serta kajian kepustakaan dengan mempelajari dokumen-dokumen resmi, buku-buku, hasil-hasil penelitian yang berwujud laporan dan lain-lain. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa banyak faktor yang menyebabkan terjadinya peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Gampong Dayah Andeue yaitu: faktor pergaulan, faktor ekonomi, faktor keluarga, faktor geografis. Upaya aparat gampong mengatasi peredaran narkotika dan penyalahgunaan narkotika di Gampong Dayah Andeue yaitu: menegur secara langsung, menindak langsung, pengawasan terhadap barang dagangan, melaporkan, penyamaran, pengajian, sosialisasi, menghidupkan sarana olahraga, ceramah dihari besar Islam, penyuluhan. Menurut pandangan Islam, semua kegiatan yang dilakukan aparat gampong telah sesuai dengan yang di anjurkan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Ela Rosanti Ela
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:09
Last Modified: 19 Sep 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23203

Actions (login required)

View Item
View Item