Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Takengon

Mardhiatun Maulia, 180207025 (2022) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Takengon] Text (Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Takengon)
Mardhiatun Maulia, 180207025, FTK, PBL, 082268523823.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang berpusat pada guru mengakibatkan peserta didik di SMAN 7 Takengon menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran, hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang relative rendah. Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik secara langsung dalam kegiatan pembelajaran yaitu model Problem Based Learning (PBL). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Mia yang berjumlah 34 orang siswa, sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA 2 yang berjumlah 15 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling dengan metode Pre Experiment dengan design one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data Hasil belajar menggunakan soal tes dan aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi. Analisis aktivitas belajar siswa dengan menggunakan rumus persentase, dan Hasil belajar dengan menggunakan rumus N-gain dan uji-t. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi perubahan lingkungan tergolong sangat aktif, serta hasil belajar yang mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pre-test 43,7 Kemudia post-test 83,5 dengan N-gain 40,8. Analisis uji-t membuktikan bahwa nilai probabilitas 0,05 > P value (0,000000700). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Perubahan Lingkungan hasil belajar siswa meningkat dan aktivitas belajar siswa tergolong sangat aktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Mardhiatun Maulia
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:34
Last Modified: 19 Sep 2022 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23213

Actions (login required)

View Item
View Item