Urgensi Layanan Konseling Pada Keluarga Korban Banjir Bandang Dalam Upaya Meningkatkan Minat Berusaha (Studi Diskriptif di Kampung Tebukit Kabupaten Gayo Lues)

Sarina Dewi, 160402089 (2022) Urgensi Layanan Konseling Pada Keluarga Korban Banjir Bandang Dalam Upaya Meningkatkan Minat Berusaha (Studi Diskriptif di Kampung Tebukit Kabupaten Gayo Lues). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Urgensi Layanan Konseling Pada Keluarga Korban Banjir Bandang Dalam Upaya Meningkatkan Minat Berusaha (Studi Diskriptif di Kampung Tebukit Kabupaten Gayo Lues)] Text (Urgensi Layanan Konseling Pada Keluarga Korban Banjir Bandang Dalam Upaya Meningkatkan Minat Berusaha (Studi Diskriptif di Kampung Tebukit Kabupaten Gayo Lues))
Sarina Dewi, 160402089, FDK, BKI, 081370893523.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Banjir bandang merupakan penomena alam atau peristiwa yang mengancam kehidupan masyarakat sehingga mengakibatkan timbulnya kerusakan atau pun timbulnya korban jwa. Penanganan untuk orang yang mengalami musibah yaitu memberikan layanan konseling yaitu bantuan yang diberikan seorang yang ahli kepada klien sehingga klien dapat memahami dirinya dan dapat mengatasi masalah yang dihadapi. Banjir bandang dapat terjadi dimana saja seperti yang dialami keluarga korban banjir bandang di Kampung Tebukit Kabupaten Gayo Lues. oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan dengan tujuan mengetahui: (1) kerusakan harta benda pada keluarga korban saat bencana banjir bandang, (2) kondisi ekonomi keluarga korban fasca banjir bandang terjadi, (3) penting atau tidakkah dilakukan layanan Konseling pada keluarga korban banjir bandang dalam upaya meningkatkan minat berusaha di kampung tebukit kabupaten gayo lues. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif mengambil subjek dari suatu kasus yang terjadi dengan subjek sebanyak 7 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat banyak mendapatkan kerusakan dan kerugian yang di akibatkan banjir bandang hilangnya tempat mata pencarian, rusaknya perlengkapan rumah, rusaknya perkebunan, persawahan dan hilangnya hewan ternak. Ekonomi masyarakat juga menurun yang biasanya mendapatkan hasil dan keuntungan yang banyak tapi dengan adanya musibah banjir masayarakat tidak mendapatkan hasil dari persawahan maupun dari perkebunannya karena banjir bandang hampir setiap tahunnya terjadi. Saran peneliti untuk keluarga korban banjir bandang di Gayo Lues dengan adanya layanan konseling masyarakat yang mengalami masalah dapat mengutarakan masalahnya dan mendapatkan bantuan atau saran untuk mengatasimasalah yang sedang dihadapi korban banjir bandang. Untuk peneliti selanjutnya khususnya yang berkaitan dengan urgensi layanan konseling pada keluarga korban banjir bandang dalam upaya meningkatkan minat berusaha agar dapat meneliti lebih lanjut dan menambahakan variabel yang berbeda agar skripsi ini dapat dijadikan rujukan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sarina Dewi
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:00
Last Modified: 19 Sep 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23224

Actions (login required)

View Item
View Item