Program Dan Kegiatan Humas Sekretariat Daerah Aceh Dalam Pembangunan (Studi Berita Di Harian Rakyat Aceh Edisi Desember 2019)

Eva Hazmaini, 140401074 (2019) Program Dan Kegiatan Humas Sekretariat Daerah Aceh Dalam Pembangunan (Studi Berita Di Harian Rakyat Aceh Edisi Desember 2019). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Berita Harian Rakyat Aceh.] Text (Berita Harian Rakyat Aceh.)
Eva Hazmaini, 140401074, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Program dan Kegiatan Humas Sekretariat Daerah Aceh Dalam Pembangunan (Studi Berita di Harian Rakyat Aceh Edisi Desember 2018) ”. Humas Sekretariat Daerah Aceh telah melakukan berbagai upaya dalam menjalankan hubungan baik dengan media, salah satunya Harian Rakyat Aceh. Meskipun demikian, tidak serta merta media selalu memberitakan seperti halnya yang Humas inginkan. Humas Sekretariat Daerah Aceh selalu mengirimkan rilis kepada HRA namun tidak semua rilis akan menjadi sebuah berita yang diterbitkan di HRA. Media memiliki independensi, meskipun Humas telah melakukan hubungan dan kerjasama yang baik, HRA tetap masih memiliki hak untuk menaikkan dan membiarkan rilis yang dikirimkan ke redaksi HRA. Hal ini tentu memiliki penyebab mengapa HRA harus memilah pemberitaan tersebut, sedangkan diantara keduanya saling membutuhkan dalam publikasi informasi. Hal ini tentunya menghambat tugas Humas sebagai pintu penyebar informasi kepada masyarakat dan juga membangun citra baik pemerintahan, sebab hanya medialah yang memiliki alat publikasi paling lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja program Humas Sekretariat Daerah Aceh, khususnya dalam menjalankan hubungan media dan publikasi, penerapan, perkembangan berita selama bulan Desember 2018 dan juga kendala antara Humas dan HRA, sehingga nantinya bisa menjadi evaluasi diri bagi Humas Sekretariat Daerah Aceh dan juga Koran Harian Rakyat Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, serta wawancara langsung yang mendalam dengan Kabag. Humas dan Media Massa, Kasubbag. Peliputan dan Media Massa serta Direktur Utama, Pimpinan Redaksi dan Redaksi Pelakasana Harian Rakyat Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas menjalankan hubungan yang sangat baik dengan HRA. Kegiatan yang dilakukan yaitu secara formal dan non formal. Kegiatan formal di antaranya seperti konferensi pers, pengiriman rilis, dan pelatihan pengembangan kapasitas, sedangkan non formal berupa silaturahmi dan kunjungan media. Dalam proses pengimplementasian tentunya terdapat kendala yang terjadi baik dari Humas sendiri maupun dari media massa.
Kata kunci: Program, Kegiatan, Humas, Sekretariat, Daerah, Aceh, Pembangunan, Berita, Harian Rakyat Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Eva Hazmaini
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:53
Last Modified: 19 Sep 2022 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23233

Actions (login required)

View Item
View Item