Raudhatul Jannah, 170503031 (2022) Pengukuran Literasi Digital Mahasiswa Angkatan 2017 Prodi Arsitektur Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dalam Pembelajaran Daring. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.
![[thumbnail of Pengukuran Literasi Digital Mahasiswa Angkatan 2017 Prodi Arsitektur Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dalam Pembelajaran Daring]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Raudhatul Jannah, 170503031, FAH, IP, 082283930134.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pengukuran Literasi Digital Mahasiswa Angkatan 2017 Prodi Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam Pembelajaran Daring”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan literasi digital mahasiswa angkatan 2017 Prodi Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry dalam implementasi pembelajaran daring di masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi digital mahasiswa angkatan 2017 Prodi Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry dalam implementasi pembelajaran daring di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2017 Prodi Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry yang berjumlah 65 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi digital mahasiswa angkatan 2017 Prodi Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry dalam implementasi pembelajaran daring di masa pandemi tergolong baik (79,49%). Hal ini didasari dari nilai rata-rata enam indikator. Pertama, tingkat kemampuan foundational competencies (kompetensi dasar), diperoleh nilai baik (63,69%). Kedua, aspek kemampuan basic competencies (kompetensi utama), tergolong baik (79%). Ketiga, tingkat kemampuan intermediate competencies (kemampuan menengah), tergolong sangat baik (84,37%). Keempat, tingkat kemampuan advanced competencies (kemampuan lanjutan), tergolong sangat baik (82,26%). Kelima, tingkat kemampuan technical competencies (kompetensi teknik), diperoleh nilai baik (79,38%). Keenam, tingkat kemampuan proficiency digital literacy (kecakapan literasi digital), tergolong sangat baik (82,31%).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Raudhatul Jannah |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 02:44 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 02:44 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23236 |