Pengaruh Belanja Modal Dan Zakat Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Di Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Irham Maulana, 180602162 (2022) Pengaruh Belanja Modal Dan Zakat Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Di Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Belanja Modal Dan Zakat Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Di Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam] Text (Pengaruh Belanja Modal Dan Zakat Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Di Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam)
Irham Maulana, 180602162, FEBI, ES, 082213360100.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Produk domestik regional bruto (PDRB) merupakan indikator untuk mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi di suatu daerah. Pada dasarnya terdapat berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi produk domestik regional bruto suatu daerah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh faktor belanja modal dan zakat terhadap produk domestik regional bruto di Aceh dalam perspektif Ekonomi Islam periode 2016-2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan fokus objek yaitu produk domestik regional bruto di Aceh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear berganda data panel dengan menggunakan Eviews 10. Hasil Penelitian menunjukkan Belanja Modal dan Zakat secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap PDRB di Aceh. Belanja Modal berpengaruh negatif dan siginifikan terhadap PDRB di Aceh. Sementara itu Zakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB di Aceh. Pemerintah Aceh perlu meningkatkan penerimaan Zakat dan mengarahkan Belanja Modal secara tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Belanja Modal, Zakat, Produk Domestik Regional Bruto, Ekonomi Islam.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Irham Maulana Irham
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:48
Last Modified: 20 Sep 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23238

Actions (login required)

View Item
View Item