Pengaruh Keterwakilan Perempuan Sebagai Tuha Peut Dalam Pembangunan Gampong di Kecamatan Jaya

Siti Zahira, 170801017 (2022) Pengaruh Keterwakilan Perempuan Sebagai Tuha Peut Dalam Pembangunan Gampong di Kecamatan Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Keterwakilan Perempuan Sebagai Tuha Peut] Text (Pengaruh Keterwakilan Perempuan Sebagai Tuha Peut)
Siti Zahira, 170801017, FISIP, IP, 082213006690.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini untuk Mengetahui bentuk keterwakilan anggota Tuha Peut perempuan dalam pembangunan Gampong di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui pengaruh keterwakilan anggota Tuha Peut perempuan dalam pembangunan Gampong di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Bentuk gampong yang melibatkan Tuha Peut perempuan dalam pembangunan gampong terlihat saat perempuan dilibatkan langsung dalam pemerintahan, perempuan bisa menyampaikan kritik dan saran sehingga suara perempuan akan didengar. Sedangkan bentuk gampong yang tidak melibatkan perempuan dalam tuha peut terlihat saat perempuan sama sekali tidak terlibat dalam pembangunan gampong, suara perempuan cenderung diabaikan hal ini dikarenakan tidak adanya keterwakilan suara perempuan dalam pemerintahan gampong sehngga perempuan tidak terlibat langsung dalam pembangunan gampong. Kemudian dapat disimpulkan bahwa dengan kehadiran perempuan di Tuha Peut mampu mempengaruhi kesejahteraan gender dan perempuan di level gampong ditandai dengan terbentuknya kelompok-kelompok yang pro terhadap perempuan. Seperti kelompok anti kekerasan terhadap perempuan dan anak, kelompok menjahit, kelompok kerajinan tangan, kelompok simpan pinjam khusus perempuan dan aktifnya posyandu serta PKK gampong. Sangat berbeda dengan gampong yang sama sekali tidak melibatkan perempuan dalam tuha peut terlihat pada gampong tersebut erempuan sangat terpinggirkan, banyak kebijakan yang dikeluarkan tidak pro terhadap perempuan. Sehingga kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan sangat tidak terjamin.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Ernita Dewi, S.Ag., M.Hum 2. Aklima, S.Fil.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Tuha Peut Perempuan, Pembangunan Desa, Keterlibatan Perempuan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Siti Zahira Siti
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:47
Last Modified: 20 Sep 2022 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23239

Actions (login required)

View Item
View Item