Problematika dalam Menganalisis Amanat Cerpen Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Selatan

Rizky Mutia, 170209124 (2022) Problematika dalam Menganalisis Amanat Cerpen Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Problematika dalam Menganalisis Amanat Cerpen Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Selatan] Text (Problematika dalam Menganalisis Amanat Cerpen Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Selatan)
Rizky Mutia, 170209124, FTK, PGMI, 085399799302.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui problematika siswa dalam menganalisis amanat cerpen di kelas IV MIN 20 Aceh Selatan serta faktor yang mempengaruhi problematika dalam menganalisis amanat cerpen di kalangan siswa kelas IV MIN 20
Aceh Selatan. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Responden terdiri dari 3 orang guru dan 20 siswa-siswi serta metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa problematika siswa kelas IV MIN 20 Aceh Selatan dalam menganalisis amanat cerita pendek ialah tingkat pengetahuan siswa akan amanat cerpen itu sendiri yang masih kurang dalam membaca serta menekuni pemahaman materi sebuah cerpen terutama pada bagian amanat problematika lainnya yang dihadapi adalah ketidakmampuan siswa dalam penempatan pesan moral pada dan bentuk pesan dan kalimat yang menjadi amanat dalam sebuah cerpen belum dapat dimengerti dengan baik oleh seluruh siswa kelas IV MIN 20 Aceh Selatan. Faktor yang mempengaruhi problematika dalam menganalisis amanat cerpen dikalangan siswa kelas IV MIN 20 Aceh Selatan yaitu kurang bahan bacaan yang diberikan oleh guru dalam melakukan analisis terhadap sebuah cerpen serta banyaknya materi pembelajaran yang harus dikuasai siswa sehingga membuat siswa binggung apa yang harus dipelajari karena kurangnya media pembelajaran yang diberikan dalam penerapan belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizky Mutia
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:06
Last Modified: 21 Sep 2022 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23245

Actions (login required)

View Item
View Item