Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri

Lisma Novita, 170205083 (2022) Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri] Text (Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri)
Lisma Novita, 170205083, FTK, PMA, 082251147672.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Seorang siswa diharapkan harus memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis untuk mempelajari materi-materi yang ada dalam pelajaran matematika, terutama pada materi yang sukar, seperti Trigonometri. Sehingga dapat membuat siswa lebih terbuka dalam melihat masalah matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi trigonometri. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan objek penelitian yaitu siswa SMKN 5 Telkom dan subjek penelitian berjumlah dari 23 orang, sedangkan subjek yang dianalisis terdiri dari 3 orang dengan kategori tinggi, cukup, dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes, angket, dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif matematis bahwa subjek penelitian memiliki rata-rata 60,41%, (2) berdasarkan data yang di peroleh bahwa indikator yang masih rendah adalah indikator flexibility, originality, dan elaboration, (3) subjek penelitian DJW termasuk ke dalam kategori kreatif. Subjek ZHD termasuk dalam kategori cukup kreatif. Sedangkan subjek AAZ termasuk dalam kategori kurang kreatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Lisma Novita
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:44
Last Modified: 20 Sep 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23246

Actions (login required)

View Item
View Item