Penerapan Teori Petak Johari Untuk Pemberdayaan Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa di SMAN 1 Aceh Besar

Putri Ulfa Thursina, 170213008 (2021) Penerapan Teori Petak Johari Untuk Pemberdayaan Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa di SMAN 1 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Teori Petak Johari Untuk Pemberdayaan Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa di SMAN 1 Aceh Besar] Text (Penerapan Teori Petak Johari Untuk Pemberdayaan Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa di SMAN 1 Aceh Besar)
Putri Ulfa Thursina, 170213008, FTK, BK, 082362033429.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun tidak di sengaja, termasuk sikap dan perilaku seesorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, negara dan Tuhan Yang Maha Esa. Penelitian ini bertujuan untuk memperdayakan rasa tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar pada tanggal 25 Oktober sampai dengan 17 November 2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS1. Objek penelitian ini adalah penerapan Teori Petak Johari ( Johari Window). penelitian ini terdiri dari II siklus. Siklus I pemberian pemahman tentang tanggung jawab belajar siswa sedangkan sisklus II menggunakan Teori Petak Johari (Johari Window). sampel pada penelitian ini berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan Teori Petak Johari (Johari Window) dapat memperdayakan rasa tanggung jawab belajar siswa dengan perubahan skor dari siklus I rata-rata 62,6% menjadi 70,2% pada siklus II. Selisih antara siklus I dan siklus II sebesar 7,6 %. Dengan demikian, berdasarkan hasil keputusan dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan Teori Petak Johari ( Johari Window) berpengaruh dalam memeperdayakann tanggung jawab belajar siswa pada SMAN 1 Peukan Bada Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Putri Ulfa Thursina Putri
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:47
Last Modified: 20 Sep 2022 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23247

Actions (login required)

View Item
View Item