Kesulitan Siswa Dalam Menulis Kata Di Unit Pelaksana Teknis Daerah Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Danau Bungara Singkil

Indah Cibro, 180209054 (2022) Kesulitan Siswa Dalam Menulis Kata Di Unit Pelaksana Teknis Daerah Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Danau Bungara Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kesulitan Siswa Dalam Menulis Kata Di Unit Pelaksana Teknis Daerah Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Danau Bungara Singkil] Text (Kesulitan Siswa Dalam Menulis Kata Di Unit Pelaksana Teknis Daerah Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Danau Bungara Singkil)
Rabidah Cibro, 180209054, FTK, PGMI, 085262755854.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Belajar menulis pada siswa diajarkan di kelas 1 dengan tujuan siswa mengenali huruf lebih cepat dan memudahkan belajar membaca. Tetapi di SD Negeri Danau Bungara ada 15 siswa kelas 1 memiliki kesulitan dalam menulis kata dasar. Berdasarkan observasi peneliti menemukan permasalahan, Apa saja kesulitan yang dialami siswa dalam menulis kata dasar? Bagaimana Guru menghadapinya? Apa faktor penyebab terjadinya?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menulis kata dasar, bagaimana cara guru menghadapinya, dan faktor penyebab terjadinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian ini, (1) Siswa menulis tidak sesuai dengan yang ditulis guru (2) lambat dalam menulis kata dasar (3) jarak tulisan tidak konsisten (4) salah arah pada penulisan (5) miring dalam menulis kata dasar (6) tidak mengikuti garis horizontal (7) bentuk huruf tidak terbaca (8) ukuran tulisan ada besar dan kecil (9) tulisan terbalik (10) tertinggal huruf. Upaya guru menghadapi kesulitan siswa dalam menulis kata dasar adalah dengan melakukan bimbingan belajar. Faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menulis kata dasar yaitu bermain pada saat prosese pembelajaran, pengaruh lingkungan, dan kurang keinginan untuk belajar. Bentuk kesulitan siswa dalam menulis kata dasar berbeda-beda, Guru berperan penting dalam mengatasi kesulitan menulis kata dasar dan mencegah faktor terjadinya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Menulis, Upaya Guru, Faktor penyebab
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rabidah Cibro Rabidah
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:38
Last Modified: 21 Sep 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23269

Actions (login required)

View Item
View Item