Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pemahaman Konsep Dasar Sains pada Anak Usia 5-6 Tahun

Sari Rahmadhani, 170210030 (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pemahaman Konsep Dasar Sains pada Anak Usia 5-6 Tahun. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Inkuiri] Text (Model Pembelajaran Inkuiri)
Sari Ramadhani, 170210030, FTK, PIAUD, 082369362850.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Pemahaman konsep dasar sains merupakan pemahaman dasar yang didapatkan dari lingkungan, Pembelajaran sains lebih mudah jika menggunakan model pembelajaran yang sesuai sehingga memudahkan anak dalam memahami materi dan mengingat dalam jangka panjang. Namun di TK Mekar Setaman belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Hasil observasi awal di TK Mekar Setaman ditemukan bahwa anak belum mampu menunjukkan alur perubahan bentuk hewan dan anak belum mampu menghubungkan antara gambar hewan dan manfaatnya bagi manusia.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep dasar sains anak usia 5-6 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dan melibatkan anak kelompok B1 dan B2. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan analisis Quasi Eksperimen dengan rancangan Pretest-Postest Control Group Design. Untuk menentukan subjek dalam penelitian ini, maka menggunkan uji normalitas bertujuan untuk mengetahui sampel yang di ambil berasal dari populasi berdistribusi normal. Adapun hasil analisis uji normalitas data hasil pada kelas eksperiman adalah 0,262 dan pada kelas kontrol memperoleh hasil nilai adalah 0,979. Berdasarkan hasil uji homogenitas data memperoleh nilai 0,615 maka varian pada setiap kelompok dinyatakan homogen. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000. Sehingga nilai signifikansinya dibawah dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hasil penelitian tersebut terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep dasar sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sari Rahmadhani Sari
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:45
Last Modified: 21 Sep 2022 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23273

Actions (login required)

View Item
View Item