Urgensi Bimbingan Islami Dalam Meningkatkan Minat Remaja Untuk Mengikuti Majelis Ta’lim Di Gampong Meue Kecamatan Trienggadeng

Adinda Ramadhani, 170402117 (2022) Urgensi Bimbingan Islami Dalam Meningkatkan Minat Remaja Untuk Mengikuti Majelis Ta’lim Di Gampong Meue Kecamatan Trienggadeng. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Majelis Ta’lim] Text (Majelis Ta’lim)
Adinda Ramadhani, 170402117, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Urgensi Bimbingan Islami dalam Meningkatkan Minat Remaja Untuk Mengikuti Majelis Ta’lim di Gampong Meue Kecamatan Trienggadeng”. Masa remaja adalah salah satu bagian dari tahap perkembangan manusia yang merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa remaja menjadi masa yang paling kritis dibandingkan dengan masa lainnya dalam kehidupan manusia. Sehingga pada masa ini akan menjadi penentu bagaimana kehidupan manusia selanjutnya yang akan menjadi lebih baik atau sebaliknya. Karena akan memberikan dampak bagi orang lain maupun dirinya sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat remaja dalam mengikuti majelis ta’lim di Gampong Meue Kecamatan Trienggadeng dan apa urgensi bimbingan islami terhadap remaja dalam mengikuti majelis ta’lim di Gampong Meue Kecamatan Trienggadeng. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Pemilihan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek penelitian sepuluh orang terdiri dari kepala desa, Tgk imam/ustadz yang memberikan bimbingan islami, ketua pemuda, serta tujuh orang remaja. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini minat remaja untuk mengikuti majelis ta’lim sangatlah kurang, dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor teman sebaya dan pembahasan yang di anggap kurang menarik. Urgensi bimbingan islami dalam meningkatkan minat remaja untuk mengikuti majelis ta’lim, diantaranya yaitu dengan adanya bimbingan islami remaja dapat memahami tentang bagaimana pentingnya mengikuti majelis ta’lim, dengan adanya bimbingan islami remaja akan terarah untuk menjauhi perbuatan yang dapat merugikan dirinya dan orang lain, dengan adanya bimbingan islami remaja dapat mengambil hikmah dan pengajaran yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Adinda Ramadhani Adinda
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:51
Last Modified: 21 Sep 2022 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23274

Actions (login required)

View Item
View Item