Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui PMRI Pada Siswa SMP

Ami Ramadhani, 160205111 (2021) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui PMRI Pada Siswa SMP. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pendekatan PMRI] Text (Pendekatan PMRI)
Ami Ramadhani, 160205111, FTK, PMA, 082370470086.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting yang harus dimiliki siswa untuk dapat meyelesaikan berbagai permasalahan pada kehidupan sehari hari, agar siswa memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunaan pendekatan PMRI dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen berdesain jenis Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Labuhanhaji tahun ajaran 2021/2022. Adapun kelas yang terpilih menggunakan simple random sampling sebagai sampel adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrmen utama yaitu perangkat pembelajaran dan instrument pendukung berupa lembar soal test Pretest dan Postest. Kemudian data yang diperolehakan dianalisis dengan uji-t sampel independent. Hasil penelitian diperoleh bahwa berdasarkan perhitungan didapatkan nilai t_(hitung )= 4,977 dan diperoleh t_0,95(52) =1,671. Sehingga t_(hitung )>t_(tabel ), maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP yang dibelajarkan melalui pendekatan PMRI lebih baik dengan kemampuan pemahaman konsep matematis yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ami Ramadhani Ami
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:03
Last Modified: 21 Sep 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23275

Actions (login required)

View Item
View Item