Analisis Framing Pemberitaan Hukum Cambuk di Aceh pada Media Online Kompas.com dan Republika.co.id

Afdhal Purnama, 29173610 (2021) Analisis Framing Pemberitaan Hukum Cambuk di Aceh pada Media Online Kompas.com dan Republika.co.id. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Framing Pemberitaan Hukum Cambuk di Aceh pada Media Online Kompas.com dan Republika.co.id] Text (Analisis Framing Pemberitaan Hukum Cambuk di Aceh pada Media Online Kompas.com dan Republika.co.id)
Afdhal Purnama, 29173610, PS, KPI, 082368400835.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Framing Pemberitaan Hukum Cambuk di Aceh pada Media Online Kompas.com dan Republika.co.id”. Opini yang terbentuk dalam masyarakat tentang penerapan hukum cambuk di Aceh tidak bisa dilepaskan dari peran wartawan dan media massa. Media massa yang salah satunya adalah media online memiliki peran yang sangat strategis dalam pembentukan opini publik terhadap peristiwa. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini ingin mengetahui bagaimana konstruksi pemberitaan hukum cambuk di Aceh oleh media online nasional Kompas.com dan Republika.co.id. Penulis menggunakan konsep analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki sebagai alat untuk menganalisis pemberitaan hukum cambuk di Aceh. Dalam teori mereka perangkat framing dibagi menjadi empat struktur besar, yaitu; Sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Sumber primer dalam penelitian ini adalah teks berita pada media online Kompas.com edisi 4 Maret 2019 dan 6 Juni 2020 dan pada media online Republika.co.id edisi 4 maret 2019 dan 5 Juni 2020. Adapun sumber sekunder berupa buku-buku, kamus, jurnal, dan jenis penelitian yang terkait dengan penelitian ini. Dari hasil analisis framing, dapat diketahui bahwa ada perbedaan konstruksi antara Kompas.com dan Republika.id. Pada media online Kompas.com konstruksi realitas pemberitaan mengarah kepada pemberitaan sosial, yang mengabarkan kepada pembaca tentang efek yang terjadi bagi terhukum dan menutupi identitas mereka. Sedangkan konstruksi pemberitaan pada Republika.co.id mengarah pada pemberitaan agama, hal ini dapat dilihat dari pilihan-pilihan kata yang digunakan adalah istilah-istilah dalam hukum Islam. Republika.co.id juga secara lengkap mencantumkan identitas para terhukum hukuman cambuk dengan cukup jelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Afdhal Purnama
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:23
Last Modified: 21 Sep 2022 04:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23277

Actions (login required)

View Item
View Item