Pengembangan Media Kotak Pintar untuk Pengenalan Konsep Nilai Moral AUD di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh

Armianti Bru Bancin, 180210025 (2022) Pengembangan Media Kotak Pintar untuk Pengenalan Konsep Nilai Moral AUD di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Kotak Pintar untuk Pengenalan  Konsep Nilai Moral AUD di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh] Text (Pengembangan Media Kotak Pintar untuk Pengenalan Konsep Nilai Moral AUD di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh)
Armianti Bru Bancin, 180210025, FTK, PIAUD, 085326954873.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu guru untuk menyampaikan materi di kelas yang membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di TK IT Permata Sunnah ditemukan kekurangan media serta media kurang menarik sehingga tujuan pembelajaran mengenalkan konsep nilai moral anak tidak tercapai. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media kotak pintar yang membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran pengenalan konsep nilai moral anak usia dini 5-6 tahun di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu, analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implement (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian yang dilakukan memperoleh media kotak pintar yang dikembang sangat layak untuk digunakan dalam mengenalkan konsep nilai moral anak usia dini. Hasil kelayakan media kotak pintar yang dikembangkan diperoleh dari prosedur penelitian model ADDIE. Hasil validasi ahli media yaitu 84% (sangat layak), hasil validasi ahli materi 96% (sangat layak) dan hasil presentase pengenalan nilai moral anak dari lembar observasi di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan penelitian media kotak pintar yang dikembangkan untuk pengenalan konsep nilai moral pada anak usia dini ini sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Armianti Bru Bancin
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:48
Last Modified: 22 Sep 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23286

Actions (login required)

View Item
View Item