Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa SMP

Alisha Rahma, 170205084 (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa SMP] Text (Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa SMP)
Alisha Rahma, 170205084, FTK, PMA, 085212676434.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi, hasil observasi dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMP masih dalam kategori rendah. Selain berpikir kreatif terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi pembelajaran siswa ialah self-concept. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari self-concept siswa SMP. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Banda Aceh yang dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu 2 siswa kategori self-concept tinggi, 2 siswa kategori self-concept sedang dan 2 siswa kategori self-concept rendah dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket self-concept. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket self-concept dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan serta triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan dua subjek kemampuan berpikir kreatif kategori tinggi memiliki self-concept tinggi, dua subjek kemampuan berpikir kreatif kategori sedang memiliki self-concept sedang dan dua subjek kemampuan berpikir kreatif kategori rendah memiliki self-concept rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Alisha Rahma
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:55
Last Modified: 22 Sep 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23290

Actions (login required)

View Item
View Item