Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Peta Konsep Bergambar Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar

Fitri Marniza, 170207033 (2022) Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Peta Konsep Bergambar Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Peta Konsep Bergambar Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar] Text (Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Peta Konsep Bergambar Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar)
Fitri Marniza, 170207033, FTK, PBL, 085372801208.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Keterbatasan sumber belajar di SMA Negeri 1 Peukan Bada menyebabkan kesulitan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga perlu dikembangkan suatu bahan ajar sebagai pendukung materi pembelajaran yaitu bahan ajar Handout yang dilengkapi peta konsep bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar handout berbasis peta konsep bergambar pada materi sistem pencernaan manusia di SMAN 1 Peukan Bada Aceh Besar, mengetahui kelayakan bahan ajar handout berbasis peta konsep bergambar pada materi sistem pencernaan di SMAN 1 Peukan Bada Aceh Besar, dan mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar handout yang dikembangkan. Rancangan penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah penguji ahli, yaitu ahli media dan ahli materi yang terdiri dari dosen Pendidikan Biologi, guru mata pelajaran Biologi, juga peserta didik kelas XI IPA 2 di SMAN 1 Peukan Bada Aceh Besar. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan respon peserta didik terhadap bahan ajar menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar Handout berbasis peta konsep bergambar memperoleh nilai kelayakan yaitu ahli materi memperoleh persentase 80% dengan kategori “layak” dan ahli media memperoleh persentase 89% dengan kategori “Sangat Layak”. Persentase respon peserta didik terhadap bahan ajar handout yaitu 84,94% dengan kategori “Sangat Layak”. Kesimpulan penelitian ini menghasilkan bahan ajar handout. Kelayakan rata-rata bahan ajar handout memperoleh persentase senilai 84% dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fitri Marniza Fitri
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:06
Last Modified: 22 Sep 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23297

Actions (login required)

View Item
View Item