Analisis Peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi BMT Taman Indah Sigli Kabupaten Pidie)

Muhammad Rahmatul Rizki, 190602357 (2022) Analisis Peran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi BMT Taman Indah Sigli Kabupaten Pidie). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Usaha] Text (Pengembangan Usaha)
Muhammad Rahmatul Rizki, 190602357, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan syariah yang berfungsi menghimpun dan menyalurkan dana kepada anggotanya yang beroperasi pada skala mikro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme pembiayaan di BMT Taman Indah Kota Sigli Kabupaten Pidie dan untuk mengetahui bagaimana peran BMT dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menegah di Kota Sigli Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana informan yang diwawancarai sebanyak 13 orang terdiri dari pihak BMT dan nasabah UMKM dari BMT Taman Indah Sigli. Hasil penelitian ini menunjukkan Bahwa peranan Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) dalam pengembangan terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM) dinilai berhasil. Berbagai upaya yang dilakukan pihak BMT sangat membantu para nasabah dengan memberikan pembinaan dan pembiayaan bagi nasabahnya dengan memberi syarat yang mudah terhadap nasabahnya seperti Kartu Keluarga (KK) dan kartu tanda kependudukan (KTP). BMT Taman Indah juga mengupayakan adanya pengurangan tingkat pengangguran di sekitar daerahnya. BMT Taman Indah Sigli juga telah berupaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mengurangi riba terhadap masyarakat dan meningkatkan jiwa kewirausaha bagi nasabahnya. Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh BMT Taman Indah Sigli membuktikan bahwa BMT Taman Indah Sigli berperan aktif dalam mengembangkan produktivitas usaha mikro kecil menengah di Kota Sigli Kabupaten Pidie.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Rahmatul Rizki Rizki
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:03
Last Modified: 22 Sep 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23298

Actions (login required)

View Item
View Item