Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas di Cabang Pegadaian Syariah Banda Aceh

Anisatur Rifka, 180602177 (2022) Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas di Cabang Pegadaian Syariah Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Produk Gadai Emas] Text (Produk Gadai Emas)
Anisatur Rifka, 180602177, FEBI, ES, 082362247695.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pegadaian syariah adalah salah satu badan usaha milik Negara (BUMN) yang secara resmi mempunyai izin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana kepada masyarakat atas dasar hukum gadai. Pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi pemasaran produk gadai emas yaitu membahas tentang pengertian strategi, pengertian pemasaran, pengertian strategi pemasaran, bauran pemasaran (marketing mix), pengertian gadai (ar-rahn), dasar hukum gadai, rukun dan syarat gadai, barang jaminan, prinsip gadai emas syariah dan hak dan kewajiban para pihak gadai syariah. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjawab permasalahan strategi pemasaran dalam meningkatkan produk gadai emas di Cabang Pegadaian Syariah Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data penelitian ini didapatkan dari penelitian lapangan yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi serta yang bersumber dari penelitian kepustakaan berupa buku bacaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Cabang Pegadaian Syariah Banda Aceh adalah bauran pemasaran (marketing mix) yaitu dengan 4P (product, price, place, dan promotion). Dari strategi pemasaran tersebut, yang paling berpengaruh adalah promosi karena dalam memperkenalkan suatu produk melalui promosi perusahaan bisa meyakinkan nasabah tentang kualitas produk yang ada di perusahaan sehingga pada akhirnya dapat meyakinkan nasabah dalam menggunakan produk. Strategi promosi yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh melalui periklanan baik brosur, baliho, whatsApp blast (pengiriman pesan massal), atau media lainnya cukup menarik nasabah untuk menggunakan produk gadai emas dengan memberitahukan manfaat ataupun keuntungan. Strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh Cabang Pegadaian Syariah Banda Aceh ternyata mampu meningkatkan jumlah nasabah. Ini terbukti dengan peningkatan jumlah nasabah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Anisatur Rifka Anisa
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:13
Last Modified: 22 Sep 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23299

Actions (login required)

View Item
View Item