Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project Dalam Materi Bangun Ruang Pada Siswa SMPN

Syifa Salsabila, 170205096 (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project Dalam Materi Bangun Ruang Pada Siswa SMPN. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran] Text (Pengembangan Perangkat Pembelajaran)
Syifa Salsabila, 170205096, FTK, PMA, 082368792117.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran Model project merupakan sebuah model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam pengumpulan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dalam ativitas secara nyata. Berdasarkan analisis awal yang dilakukan peneliti pada SMPN 2 Ulim, sudah ada perangkat pembelajaran tetapi guru menggunakan model kooperatif, dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru tersebut masih membuat peserta didik kurang terlibat aktif di dalam kelas, namun pada RPP masih terdapat langkah-langkah yang belum ada, maka diperlukan suatu pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran berbasis project dalam materi bangun ruang pada siswa SMPN yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari empat fase yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kategori valid yang diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai skor rata-rata untuk RPP adalah 92,96%, dan skor rata-rata untuk LKPD adalah 88,09%. Sementara itu, berdasarkan hasil analisis lembar kepraktisan juga dilihat dari respon guru terhadap perangkat pembelajaran yang diperoleh skor rata-rata untuk RPP 90,90% dan skor rata-rata LKPD adalah 84,54% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan dalam kategori valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Syifa Salsabila Syifa
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:09
Last Modified: 23 Sep 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23307

Actions (login required)

View Item
View Item