Pengaruh Motivasi, Kemampuan dan Lingkungan Kerja Terhadap Tingkat Produktivitas Kerja Pegawai ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pegawai di Kantor Gubernur Aceh)

Indah Dwiyani, 170602021 (2022) Pengaruh Motivasi, Kemampuan dan Lingkungan Kerja Terhadap Tingkat Produktivitas Kerja Pegawai ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pegawai di Kantor Gubernur Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Produktivitas Kerja] Text (Produktivitas Kerja)
Indah Dwiyani, 170602021, FEBI, ES, 081260504546.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah satu-satunya kekuatan dengan pengetahuan, keterampilan, perasaan, daya dan sistem kerja keras, keinginan serta dorongan. Semua potensi sumber daya manusia ini mempengaruhi upaya organisasi untuk mencapai tujuannya. Sekalipun teknologi maju, informasi berkembang, modal dan material cukup tetapi tanpa sumber daya manusia, sulit bagi suatu organisasi untuk mencapai tujuannya. Sumber daya manusia merupakan faktor penentu produktivitas suatu instansi atau perusahaan. Dapat dikatakan bahwa produktivitas adalah perbandingan antara hasil kerja dengan sumber daya yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Motivasi, Kemampuan dan Lingkungan Terhadap Tingkat Produktivitas Kerja Pegawai ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam terhadap Pegawai di Kantor Gubernur Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 82 responden yaitu pegawai di Kantor Gubernur Aceh dengan menggunakan rumus slovin. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu dengan mengedarkan kuesioner melalui Google Form. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, pengujian asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel motivasi, kemampuan dan lingkungan secara bersama-sama berpengaruh terhadap produktivitas kerja. (2) Variabel motivasi (X1) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap produktivitas kerja. (3) Variabel kemampuan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. (4) Variabel lingkungan (X3) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap produktivitas kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Dwiyani Indah
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:42
Last Modified: 23 Sep 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23309

Actions (login required)

View Item
View Item