Pengembangan Media Flipbook Berbasis Literasi Sains Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Bandar

Elvi Mahara, 180208031 (2022) Pengembangan Media Flipbook Berbasis Literasi Sains Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Bandar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Flipbook Berbasis Literasi Sains Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Bandar] Text (Pengembangan Media Flipbook Berbasis Literasi Sains Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Bandar)
Elvi Mahara, 180208031, FTK, PKM, 081262062455.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pengembangan Flipbook berbasis literasi sains di SMA Negeri 1 Bandar di latar belakangi berdasarkan hasil analisis kebutuhan dengan guru bidang studi kimia dan enam siswa bahwa proses pembelajaran hanya menggunakan buku ajar dan dibantu dengan media pembelajaran berupa slide powerpoint. Karena adanya keterbatasan sumber belajar dan media pembelajaran pada materi koloid memberikan efek yang negatif kepada peserta didik yaitu turunnya motivasi belajar pada peserta didik. Sehingga cara yang dilakukan peneliti adalah mengembangkan media flipbook berbasis literasi sains pada materi koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui respon peserta didik terhadap flipbook yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang memamfaatkan model ADDIE. Subjek dalam tinjauan ini adalah siswa kelas XI IPA 1. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil validasi dari validator diperoleh persentase keseluruhan sebesar 79,9% dengan kriteria “Sangat Layak”. Respon peserta didik terhadap pengembangan media flipbook berbasis literasi sains pada materi koloid diperoleh nilai rata-rata 84,9% dengan kriteria “Sangat Setuju”. Selanjutnya dilakukan analisis lebih lanjut dengan uji reliabilitas untuk menentukan tinggi rendahnya korelasi skor item dengan skor total. Koefisien korelasi dengan uji Cronbach Alfa mendapatkan nilai 0,78 menunjukkan angket yang digunakan dapat dipercaya (reliable). Hasil akhir dari penelitian ini pada validasi dan respon peserta didik secara berurutan, dianggap bahwa flipbook berbasis literasi sains pada materi koloid yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan di SMA Negeri 1 Bandar dan respon peserta didik sangat setuju.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Elvi Mahara
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:45
Last Modified: 23 Sep 2022 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23310

Actions (login required)

View Item
View Item