Diagnosis Kesulitan Belajar PAI Pada Siswa SMPN 2 Mesjid Raya Aceh Besar

Nurul Azizi, 180201018 (2022) Diagnosis Kesulitan Belajar PAI Pada Siswa SMPN 2 Mesjid Raya Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Diagnosis Kesulitan Belajar PAI Pada Siswa SMPN 2 Mesjid Raya Aceh Besar] Text (Diagnosis Kesulitan Belajar PAI Pada Siswa SMPN 2 Mesjid Raya Aceh Besar)
Nurul Azizi, 180201018, FTK, PAI, 085365020212.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pada dasarnya setiap siswa mempunyai kesulitan dalam pembelajaran baik kesulitan dengan bentuk kecil maupun besar. Kesulitan yang dihadapi siswa tersebut harus ditangani dengan baik oleh guru dengan cara mendiagnosis kesulitan belajar siswa di SMPN 2 Mesjid Raya Aceh Besar telah dilakukan upaya mendiagnosis kesulitan belajar pada siswa sesuai ketentuan yang ada di sekolah. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Apa saja kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar? 2. Apa upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa?. Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Method, yaitu metode kombinasi antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan disebabkan faktor utama yaitu orang tua. Berbagai macam persoalan yang dialami siswa seperti kurangnya perhatian dan dorongan, kurangnya motivasi, orang tua broken home, dan ekonomi yang terbatas. Permasalahan tersebut dialami oleh peserta didik . Kemudian upaya yang dilakukan guru yang pertama dalam mendiagnosis yaitu mengobservasi terlebih dahulu kemudian melakukan langkah tindak lanjut dari guru. Adapun hasil angket siswa di kelas VIII-1 mereka 85% dan pada kelas VIII-3 95% orang tua memberikan perhatian dan bimbingan yang cukup. Hasil tersebut termasuk kategori baik sekali. Kesimpulan dalam skripsi ini pendidikan akan berjalan baik apabila adanya kerja sama antara Guru, Orang Tua dan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Azizi
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:44
Last Modified: 23 Sep 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23311

Actions (login required)

View Item
View Item