Peran Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh Dalam Pembinaan Pendidikan Keluarga Miskin Di Kabupaten Aceh Besar

Annisa Almagfirrah, 180305013 (2022) Peran Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh Dalam Pembinaan Pendidikan Keluarga Miskin Di Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh Dalam Pembinaan Pendidikan Keluarga Miskin Di Kabupaten Aceh Besar] Text (Peran Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh Dalam Pembinaan Pendidikan Keluarga Miskin Di Kabupaten Aceh Besar)
Annisa Almagfirrah, 180305013, FUF, SA, 082294177643.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh merupakan yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial, yang didirikan pasca Tsunami Aceh pada 12 Desember 2004 silam, dengan berbekal donatur yang bersedia memberikan pendanaan, dll. Memasuki tahun 2012 meningkatkan fungsinya dalam menampung anak-anak yang berasal dari keluarga miskin, anak-anak terlantar, pengemis, dan korban kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kontribusi Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh dalam memberikan pembinaan pendidikan terhadap anak-anak keluarga miskin yang hadir, yang mengarah ke dalam faktor kemiskinan dengan keadaan finansial seadanya. Oleh karena itu, penulis ingin melihat apa yang mendorong lahirnya Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh dan melakukan Pembinaan Pendidikan bagi keluarga miskin di Kabupaten Aceh Besar. Program-program apa saja yang dilakukan Yayasan Kesejahteraan masyarakat dalam pembinaan pendidikan bagi keluarga miskin di kabupaten Aceh Besar. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta teknik pemilihan informan dengan Purpose Sampling. Hasil penelitian menunjukkan faktor lahirnya yakesma selain dari adanya Tsunami Aceh 2004 silam, juga faktor kesenjangan sosial dalam masyarakat, dan ingin meningkatkan potensi anak dan perempuan. Dengan program-program pendidikan secara formal maupun secara informal dalam proses pengayaan pembinaan pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Annisa Almagfirrah Nisa
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:48
Last Modified: 23 Sep 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23313

Actions (login required)

View Item
View Item