Keefektifan Media Truth and Dare Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Senyawa Karbon di SMAN 1 Woyla

Munawarah, 291325005 (2017) Keefektifan Media Truth and Dare Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Senyawa Karbon di SMAN 1 Woyla. Skripsi thesis, UIN ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Memebahas Tentang Komunikasi]
Preview
Text (Memebahas Tentang Komunikasi)
Munawarah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Secara umum gambaran yang bisa diambil di SMAN 1 Woyla adalah siswa kurang termotivasi untuk mempelajari kimia. Adapun salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media terhadap materi yang dibelajarkan kepada siswanya. Media truth and dare berbasis e-learning adalah salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran khususnya materi senyawa karbon guna untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran kimia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media truth and dare berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa pada materi senyawa karbon di SMAN 1 Woyla dan juga mengetahui respon siswa pada penggunaan media truth and dare berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa pada materi senyawa karbon di SMAN 1 Woyla. Penelitian ini menerapkan penelitian quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel secara classter sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPA-1 yang berjumlah 30 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XII IPA-II yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus n-gain dan uji Sample T-test sedangkan data untuk angket dianalisis dengan persentase. Dari hasil analisis uji n-gain membuktikan bahwa terdapat keefektifan media truth and dare berbasis e-learning pada materi senyawa karbon terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Woyla dengan kategori tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis n-gain yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-gain adalah 0,7 yakni termasuk kedalam kategori tinggi, dan dari uji t dengan Signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima Sehingga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media truth and dare berbasis e-lerning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan media truth and dare berbasis e-learning pada materi senyawa karbon. Hasil respon siswa terhadap penggunaan media truth and dare berbasis e-learning pada materi senyawa karbon terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Woyla adalah tertarik hal tersebut sesuai dengan data hasil analisis persentase respon siswa yakni 87,99% dengan kategori setuju dan sangat setuju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Azhar Amsal, M.Pd 2.Nurbayani, MA
Uncontrolled Keywords: Media truth and dare, e-learning, hasil belajar, respon siswa, senyawa karbon
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 547 Kimia Organik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: munawarah mahmud
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:25
Last Modified: 21 Aug 2018 04:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2332

Actions (login required)

View Item
View Item