Pengaruh Program Pojok Baca Kelas Terhadap Gerakan Literasi Sekolah Di Perpustakaan MTsN 4 Banda Aceh

Wahyuni Ulandari, 160503003 (2022) Pengaruh Program Pojok Baca Kelas Terhadap Gerakan Literasi Sekolah Di Perpustakaan MTsN 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pengaruh Program Pojok Baca Kelas Terhadap Gerakan Literasi Sekolah Di Perpustakaan MTsN 4 Banda Aceh] Text (Pengaruh Program Pojok Baca Kelas Terhadap Gerakan Literasi Sekolah Di Perpustakaan MTsN 4 Banda Aceh)
Wahyuni Ulandari, 160503003, FAH, IP, 082213599590.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul, “Pengaruh Program Pojok Baca Kelas terhadap Gerakan Literasi Sekolah di Perpustakaan MTsN 4 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Program Pojok Baca Kelas terhadap Gerakan Literasi Sekolah di Perpustakaan MTsN 4 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Sedangkan sampel pada penelitian berjumlah 67 siswa/i. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa Program Pojok Baca Kelas berpengaruh terhadap Gerakan Literasi Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Bahda Aceh. Hal ini dibuktian dari perolehan nilai regresi linear berdasarkan signifikan yaitu 0,000 < 0,05 dan persentase dengan nilai determinasi 25.2%.. Kemudian Juga dibuktikan dengan hasil dari analisis korelasi diperoleh nilai r_hitungsebesar 0,502. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel X dan variabel Y terdapat korelasi atau hubungan yang sedang atau cukup di angka 0,502.
Uji hipotesis Uji hipotesis juga dilakukan dengan nilai signifikannya adalah 5% dengan N= 67, maka df 67-2 = 65 dan F_tabel sebesar 3,99. Pada hasil olah data pada tabel anova dapat diketahui bahwa nilai F_hitung sebesar 21.897 yang bearti bahwa F_hitung(21.897) >F_tabel (3.99). Jadi, H_0 ditolak dan H_a diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel X (Program Pojok baca Kelas) berpengaruh terhadap variabel Y (Gerakan Literasi Siswa).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Wahyuni Ulandari
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:04
Last Modified: 23 Sep 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23322

Actions (login required)

View Item
View Item