Analisis Pengaruh Dana Otonomi Khusus Indeks Pembangunan Manusia dan Zakat Terhadap Kemiskinan di Provinsi Aceh

Sakinah, 160602044 (2021) Analisis Pengaruh Dana Otonomi Khusus Indeks Pembangunan Manusia dan Zakat Terhadap Kemiskinan di Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pengaruh Dana otonomi Khusus Indeks Pembangunan Manusia dan Zakat Terhadap Kemiskinan di Provinsi Aceh] Text (Analisis Pengaruh Dana otonomi Khusus Indeks Pembangunan Manusia dan Zakat Terhadap Kemiskinan di Provinsi Aceh)
Sakinah, 160602044, FEBI, ES, 082274540695.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu ukuran yang dapat mengukur baik maupun buruknya perekonmian suatu wilayah. Aceh merupakan provinsi pada peringkat ke-6 kemiskinan di Indonesia dan provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Sumatera. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dana otonomi khusus, indeks pembangunan manusia dan zakat terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Aceh. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, adapun jenis data yang digunakan data sekunder dalam bentuk data panel. Sumber data diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh, Baitul Mal Aceh dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Aceh. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini metode Autoregressive Distributed Lag (ARDL) untuk menguji pengaruh jangka panjang dan jangka pendek antara variabel dependen dengan variabel independen. Hasil penelitian diperoleh bahwa zakat dan dana otonomi khusus dalam jangka panjang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penurunan kemiskinan. Artinya, jika zakat dan dana otonomi khusus menurun maka jumlah kemiskinan akan meningkat begitupun sebaliknya. Sedangkan IPM tidak memiliki pengaruh terhadap penurunan kemiskinan di Provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.144 Penerima Zakat (Mustahiq)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Sakinah Sakinah
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:04
Last Modified: 23 Sep 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23325

Actions (login required)

View Item
View Item