Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Layanan Deposit Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

Cut Maulia Agustina, 160503033 (2022) Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Layanan Deposit Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Layanan Deposit Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh] Text (Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Layanan Deposit Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh)
Cut Maulia Agustina, 160503033, FAH, IP, 085270421513.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pustakawan dalam Layanan Deposit di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Ditemukannya kemampuan pustakawan dalam berkomunikasi dengan pemustaka masih kurang efektif sehingga pemustaka kesulitan untuk memperoleh informasi pada layanan deposit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi interpersonal pustakawan pada layanan deposit di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui 3 macam cara: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya kesadaran pustakawan dalam memperhatikan komunikasi interpersonal yang baik. Kemampuan komunikasi interpersonal hanya dimiliki oleh beberapa pustakawan saja dan masih ada pustakawan yang belum efektif dalam berkomunikasi dengan baik. Pustakawan harus memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang jelas agar terciptanya komunikasi yang baik dan tidak menyinggung pemustaka. Adanya hambatan dan resiko yang dihadapi pustakawan layanan deposit Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh seperti hambatan dalam berbahasa asing. Temuan ini agar pustakawan dapat meng uprade diri dalam kemampuan komunikasi interpersonal serta memberikan layanan prima kepada pemustaka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Cut Maulia Agustina
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:04
Last Modified: 23 Sep 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23326

Actions (login required)

View Item
View Item